Mendapatkan Deal Bisnis

Kegiatan Ekspor Oleh Pelaku Usaha Umkm

Menurut data yang dirilis oleh International Coffee Organization di tahun 2020, Indonesia menduduki peringkat ke four setelah Kolombia sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia yang produksinya mencapai belasan juta kilogram. Dan dikutip dari halaman website kafekepo.com , Indonesia juga termasuk sepuluh negara pengekspor kopi di dunia. Menciptakan rasa yang unik dari percampuran berbagai pilihan macam kopi single-origin . Lagi-lagi, Indonesia memiliki potensi kuat dalam strategi ini dikarenakan memiliki banyak sekali jenis kopi single-origin. Kopi Indonesia merupakan salah satu komoditi perkebunan terbsesar di Indonesia yang banyak diekspor keseluruh dunia. Aroma dan Rasa kopi Indonesia yang unik membuat kopi Indonesia banyak diekspor keluar negeri.

“Indonesian Coffee Shop dibuka untuk mempromosikan dan memperkenalkan varian kopi Nusantara. Setelah sebulan beroperasi, Indonesian Coffee Shop kini telah memiliki semakin banyak pelanggan yang menyukai cita rasa kopi Indonesia. Kami optimis, prospek Indonesian Coffee Shop memiliki proses yang cukup bagus ke depan,” ujar Kepala ITPC Mexico City Husodo Kuncoro Yakti. Sementara Husodo juga menginformasikan, kondisi pasar kopi di Meksiko cukup ketat diterapkan karena sebagai negara penghasil kopi.

Membuat ekspor kopi

Namun dalam konteks yang lebih luas tidaklah terbatas pada komoditas pangan tetapi juga komoditas pertanian lainnya. Sasaran akhir adalah dalam rangka peningkatan pendapatan dan ketahanan pangan rumah tangga petani penerima manfaat serta masyarakat perdesaan yang bersangkutan. Dalam konteks nasional, pencapaian sasaran tersebut diharapkan ikut berkontribusi dalam peningkatan ketahanan pangan nasional dan pemerataan pendapatan. Dengan pasar yang terbuka, istilah “produsen” dan “konsumen” kopi menjadi kabur.

Hanya saja, tak dapat dipungkiri bahwa para pelaku usaha kopi berorientasi ekspor juga tak terhindarkan dari berbagai tantangan yang ada. Misalnya, rendahnya tingkat daya saing, sulitnya pemenuhan standar sesuai permintaan pasar dan ketepatan waktu pengiriman hingga dampak COVID-19 itu sendiri. Pada saat ini, perkebunan kopi Indonesia mencakup whole wilayah kira-kira 1,24 juta hektar, 933 hektar perkebunan robusta dan 307 hektar perkebunan arabika. Lebih dari 90% dari total perkebunan dibudidayakan oleh para petani skala kecil yang memiliki perkebunan relatif kecil sekitar 1-2 hektar, masing-masing.

Ekspor kopi dialamatkan kepada Negara-negara yang selama ini menjadi relasi bisnis perdagangan internasional bidang hortikultura. Selama ini, ekspor kopi dari lereng Sindoro-Sumbing dan Prau ini lebih memilih jalur ekspor Malang. Ekspor kopi dengan meminjam nama perusahaan lain dikenakan fee yang juga akan berdampak pada harga jual kopi tersebut menjadi tidak kompetitif. Ekspor kopi dengan meminjam lisence (ET-KOPI) perusahaan lain dikenakan charge yang akan berdampak pada harga jual kopi tersebut menjadi tidak kompetitif.